PELUNCURAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TOBA SAMOSIR TAHUN 2020

Rabu tanggal 18 Desember 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba Samosir melaksanakan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020.

Kegiatan peluncuran dilaksanakan di Convention Hall Restaurant Sinar Minang Jl. Jl. Siborong Borong – Parapat No. 2 Balige, dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Kegiatan Peluncuran dihadiri oleh Forkopimda Toba Samosir, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Pimpinan Partai Politik Tingkat Kabupaten Toba Samosir, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Toba Samosir, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, insan pers/LSM, dan masyarakat Toba Samosir.

Kegiatan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020 sekaligus dengan peluncuran Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020.

Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020 diberi nama Si BOPATI.

BOPATI sendiri merupakan kependekan dari Boraspati.

Maskot Boraspati ini merupakan seekor cicak /tokek yang dalam mitologi Batak dipercayai sebagai simbol yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran serta kemampuan adaptif yang tinggi dari orang Batak, seperti cicak yang mampu menempel di mana saja dan di lingkungan mana saja, dalam kondisi apa saja dan bergerak lincah.

Ukiran Boraspati sering ditemui di rumah adat Batak (Ruma) yang disebut sebagai Boraspati ni Ruma.

Dalam system hatiha (penanggalan) Batak, Boraspati adalah nama untuk hari kelima yang diyakini sebagai hari baik untuk menyelenggarakan pesta, membangun rumah baru, memulai usaha dan mencari pekerjaan.

  • Boraspati memakai Ulos dan Sortali melambangkan masyarakat Toba Samosir siap untuk menyelenggarakan pesta demokrasi;
  • Jari Kelingking bertanda tinta ungu melambangkan masyarakat Toba Samosir siap meningkatkan partisipasi dalam penggunaan hak pilih dan mengawal setiap tahapan pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir Tahun 2020;
  • Kertas yang dipegang Boraspati melambangkan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir Tahun 2020;
  • Kaos yang dipakai Boraspati bertuliskan “Beta Mamillit” adalah ajakan untuk menggunakan hak pilih bagi seluruh masyarakat Toba Samosir yang berhak untuk memilih

Nama Maskot si BOPATI mempunyai arti “Boraspati untuk Bupati dan Wakil Bupati” yang akan terpilih untuk membawa kemakmuran rakyat Toba Samosir.

Sedangkan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir Tahun 2020 berjudul BETA MAMILLIT. https://drive.google.com/open?id=1gpMhKSjLjU_tBPXezFFGQfKBFS9MqRqV

Print Friendly, PDF & Email
Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
Translate »
Ukuran Huruf